-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel
- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Siaran Pers
Trafik dan Kondisi Layanan Telekomunikasi Saat Perayaan Natal Tahun 2012
Siaran Pers No. 100/PIH/KOMINFO/12/2012
(Jakarta, 26 Desember 2012 ) - Sebagaimana dipublikasikan dalam Siaran Pers No 98/PIH/KOMINFO/12/2012, Kementerian Kominfo telah mengingatkan para penyelenggara telekomunikasi untuk tetap menjaga kualitas layanan telekomunikasi pada saat suasana Perayaan Natal Tahun 2012 dan Pergantian Tahun Baru Tahun 2012 ke 2013. Peringatan tersebut juga di antaranya didasari oleh adanya surat BRTI tertanggal 19 Desember 2012 melalui suratnya No. 421/BRTI/XII/2012 yang dikirimkan kepada seluruh Direktur Utama Penyelenggara Telekomunikasi (PT Telkom, PT Telkomsel, PT Indosat, PT XL Axiata, PT HCPT, PT Axis Indonesia, PT Smartfren, PT Smart Telecom, PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, dan PT Bakrie Telecom), yang pada intinya mendorong para penyelenggara telekomunikasi untuk benar-benar dapat memberikan layanan yang baik.
Berdasarkan monitoring Kementerian Kominfo dan juga atas dasar besar atau kecilnya jumlah pengaduan masyarakat selaku pengguna layanan telekomunikasi, maka secara umum seluruh layanan telekomunikasi masih dalam kondisi layanan yang cukup baik. Bahwasanya ada sejumlah keluhan yang muncul adalah benar, namun tidak terlalu signifikan dan jumlahnya tidak terlalu besar. Hanya saja, para penyelenggara telekomunikasi belum boleh merasa lega, karena tidak lama lagi akan datang suasana perayaan pesta pergantian tahun baru dari 2012 ke 2013, yang pada umumnya menuntut para penyelenggara telekomunikasi untuk harus bekerja lebih keras dalam melakukan penyediaan layanan.
Beberapa catatan penting dari Kementerian Kominfo adalah sebagai berikut:
- Secara umum, para penyelenggara telekomunikasi cukup efektif dalam melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat aktivitas masyarakat lainnya. Sejumlah uji jaringan tersebut lebih fokus ke penggunaan layanan data, baik itu dengan menggunakan laptop maupun smartphone dan layanan call center 24 jam. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kenyamanan penggunaan jaringan saat melakukan komunikasi data yang telah menjadi kebutuhan pelanggan selular maupun FWA (Fixed Wireless Access) saat ini. Demikian juga dengan penyediaan unit Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) atau mobile BTS di berbagai titik strategis serta menghadirkan hotspot di sejumlah pusat keramaian secara gratis dan penambahan kapasitas jaringan komunikasi.
- Meskipun tingkat lonjakan trafiknya tidak sebesar saat suasana Lebaran, namun seluruh penyelenggara telekomunikasi tetap berkomitmen memberikan layanan sebaik mungkin.
- Khusus untuk menjelang Tahun Baru 2013 ini seluruh penyelenggara telekomunikasi terus tetap melakukan kesiap siagaannya dengan tujuan untuk tetap menjaga kualitas layanan telekomunikasi, karena pada saat terjadinya pergantian tahun tersebut diperkirakan yang lebih banyak digunakan adalah layanan komunikasi data dengan kebutuhan bandwidth yang cukup signifikan.
- Adapun secara random (yang diambil dari data PT Telkomsel, PT Indosat, PT Telkom dan PT XL Axiata), rincian data berikut konsentrasi peningkatan trafik komunikasi P Telkomsel adalah sebagai berikut: a. Peningkatan trafik voice tertinggi terjadi di wilayah Jawa Barat, dengan lonjakan trafik hingga 5% dari hari normal; b. Peningkatan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur (lonjakan trafik hingga 52.63% dari hari normal); dan c. Peningkatan trafik data tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah, (lonjakan trafik hingga 47% dari hari normal).
- Adapun data dari PT XL Axiata adalah sebagai berikut: a . Selama jelang Natal dan Natal tahun 2012, u ntuk trafik layanan suara relati f stabil dan mengalami peningkatan, sementara l ayanan d ata justru mengalami peningkatan yang paling signifikan mencapai sekitar 11,8%. Adapun trafik layanan SMS relatif tidak mengalami peningkatan, yang bisa diartikan bahwa pelanggan mulai banyak beralih memanfaatkan layanan data / social media seperti facebook, twitter dan media sos ial lainnya dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan Natal. Konsentrasi peningkatan trafi k terjadi secara merata di berbagai wilayah dan kota diantaranya di Kota Bogor, Jayapura, Kendari, Tebing Tinggi Deli, Jakarta dan lain sebagainya.
- Khusus untuk data dari PT Indosat adalah sebagai berikut. a. Untuk layanan suara mengalami kenaikan sebesar 4 , 21% dibandingkan kondisi normal harian di tahun 2012, dan juga naik sebesar 21,18% dibandingkan H-1 sebelum Natal tahun 2011; b. Untuk pengiriman SMS mengalami kenaikan sebesar 9,28% dibandingkan kondisi harian dan juga naik sebesar 10,46% dibanding H-1 Natal tahun yang lalu; c. Konsentrasi kenaikan trafik layanan telekomunikasi adalah yang ke arah Kalimantan (31 , 63%), S umatera Selatan (25 , 50%), dan Jawa Timur (2 , 86%) dan kenaikan trafik SMS yang paling signifikan adalah di daerah Sumatera Selatan (35 , 72%), Kalimantan (23 , 15%), dan Jawa Timur (11 , 51%) .
- Dan yang terakhir adalah dari PT Telkom. a. Kenaikan trafik (trafik suara secara nasional mengalami penurunan dari 18,7 juta call menjadi 17,3 juta call per hari atau 8% , trafik SMS mengalami penurunan dari 20,3 juta SMS menjadi 19 juta SMS per hari atau 6% , dan trafik data mengalami kenaikan dari 28,8 terabyte menjadi 31,8 terabyte per hari atau 11% ; b. Konsentrasi wilayah kenaikan rafik (kenaikan trafik suara terjadi di beberapa kota, yaitu di Jawa Barat seperti C ianjur, Tasikmalaya dan Sukabumi, kemudian Jawa Tengah seperti Solo, Tegal, Magelang, dan Jawa Timur seperti Pasuruan, Banyuwangi, dan Situbondo, kenaikan trafik SMS terjadi di Jawa Barat seperti Cianjur, Sukabumi, kemudian Jawa Tengah seperti Magelang, Tegal, dan Kudus, serta Jawa Timur seperti Banyuwangi, Bojonegoro dan Nganjuk, lalu juga di Denpasar dan Ambon ; berikut kenaikan trafik data terjadi di kota-kota Banda Aceh, Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.
- Matrikulasi data:
Data Trafik PT Telkomsel:
| Layanan Komunikasi | Natal 2011 | Hari Normal 2012 | Trafik Natal 2012 | Peningkatan Trafik terhadap Natal 2011 | Peningkatan Trafik terhadap Hari Normal 2012 |
| Suara | 975 juta menit | 1.23 milyar menit | 1.26 milyar menit | 29.26% | 2.27% |
| SMS | 901 juta sms | 840.35 juta SMS | 909 juta SMS | 0.95% | 8.26% |
| Data | 115 tera bytes | 187.18 tera bytes | 227 tera bytes | 97.17% | 21.34% |
| MMS | 1.36 juta MMS | 1.15 juta MMS | 1.61 juta MMS | 18.96% | 40.27% |
Data Trafik PT XL Axiata:
| Traffic | Hari Biasa/Normal | Hari H-2 Natal | % | Hari H-1 Natal | % | Hari H Natal | % |
| 2012 | 23 Des 2012 | 24 Des 2012 | 25 Des 2012 | ||||
| Voice (juta menit/hari) | 550 | 550 | 0 | 546 | -0.73 | 560 | 1.82 |
| SMS (juta SMS/hari) | 580 | 610 | 5.17 | 490 | -15.5 | 450 | -22 |
| Data (Terabytes/hari) | 85 | 95 | 11.8 | 90 | 5.88 | 95 | 11.8 |
-----------------
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504; Email: gatot_b@postel.go.id ; Tel/Fax: 021.3504024).
Sumber ilustrasi: www.telkomsel.com/media/upload/Performansi%20Natal-4_edit.jpg.