-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel
- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Seputar DJID
Survei ‘Virtual’ Pelayanan Publik 2020 Selesai
Tangerang (SDDPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kemkominfo telah menyelesaikan Survei Pelayanan Publik Ditjen SDPPI Tahun 2020. Bila pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan dengan metode tatap muka, tahun ini survei dilakukan secara virtual.
“Kita sangat bersyukur sudah menyelesaikan Suvei Pelayanan Publik ini, karena tahun ini tantangannya sangat besar,” kata Koordinator Perencanaan Program dan Pelaporan Aryo Pamoragung pada Seminar Survei Pelayanan Publik Ditjen SDPPI Tahun 2020, Tangerang, Senin (17/11/20).
Suvei Pelayanan Publik dilaksanakan untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Ditjen SDPPI. Survei meliputi layanan izin spektrum frekuensi radio, sertifikasi operator radio, serta standardisasi dan pengujian alat dan perangkat telekomunikasi.
“Kami sangat berterima kasih kepada tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang) yang sangat proaktif dalam membantu survei Pelayanan Publik Ditjen SDPPI tahun 2020,” ujar Aryo.
Dari hasil survei bisa diketahui unsur mana yang membutuhkan perhatian lebih, sehingga penyamaan persepsi dan rekomendasi untuk perbaikan ke depan menjadi masukan bagi penyelenggara pelayanan publik di Ditjen SDPPI. “Pelayanan publik ini bersifat kaizen, yaitu suatu hal yang berkelanjutan. Tapi sebagai pemerintah, kita has to be seen dan sebagai pemerintah kita has to listen, agar kita menjadi lebih baik,” kata Aryo.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Puslitbang SDP3I Bonnie M Thamrin Wahid menungkapkan hasil indeks yang telah dihasilkan. “Sudah cukup signifikan, tetapi kita tidak bisa memercayai 100% hasil survey, karena bisa saja adanya sedikit kesalahan. Tentu saja hasil dari suatu survei tidak bisa selalu digeneralisasi,” katanya.
Ia mengusulkan forum dialog harus dilakukan tiga atau empat bulan sekali untuk menemukan dan mengetahui dimana kelemahan survei agar secara berkesinambungan dipelajari. Diharapkan ada K/L lain yang ikut menilai survei pelayanan publik Ditjen SDPPI.
Sementara itu, Kamaruddin, narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara memaparkan Survei Hasil Penilaian Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas (SHPRBZI). Dilanjutkan Arief Hamdani dari Telkomsel dan Sularsih dari YLKI, yang masing-masing membahas seputar Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Bidang SDPPI Kemkominfo.
Pada kegiatan yang diselenggarakan di Atria Hotel Gading Serpong itu, turut hadir Kabalmon Jakarta Rachman Baharuddin, Kabalmon Tangerang Tri Joko, dan Subkoordinator Pengelolaan Data Hendra Santoso. Hadir pula secara daring, Koordinator Konsultansi dan Data Operasi Sumber Daya Fidyah Ernawati, Koordinator Sertifikasi Operator Radio Dodik Sudiyono beserta staff Ditjen SDPPI dan Balitbang terkait.
Sumber/ Foto : Fandi R (Setditjen)