-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel
- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Siaran Pers
Seluruh Layanan Penyiaran, Pos dan Telekomunikasi di Saat Pergantian Tahun 2009 ke 2010 Berlangsung Lancar Tanpa Ada Halangan
Siaran Pers No. 1/PIH/KOMINFO/1/2010
(Jakarta, 3 Januari 2010). Departemen Kominfo pada Siaran Pers No. 230/PIH/KOMINFO/12/2009 tertanggal 22 Desember 2009 telah memberitahukan kepada masyarakat umum tentang kegiatan monitoring Departemen Kominfo terhadap kualitas layanan penyelenggaraan penyiaran, pos dan telekomunikasi (khusus untuk telekomunikasi bersama BRTI) di saat suasana pergantian tahun 2009 ke tahun 2010. Tujuan monitoring tersebut adalah agar masyarakat umum tetap dapat memperoleh layanan atas sejumlah penyelenggaraan layanan publik yang terkait dengan kemitraannya bersama Departemen Kominfo tersebut. Sebagaimana yang diharapkan, ternyata seluruh layanan publik tersebut telah berlangsung dengan lancar, sehingga dapat dinikmati oleh warga masyarakat secara cukup memuaskan. Adapun data monitoringnya adalah sebagai berikut:
- Hampir seluruh penyelenggara penyiaran radio dan televisi telah melakukan fungsi siarannya untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh warga masyarakat, baik yang sifatnya informasi yang evaluatif (umumnya dalam bentuk kaledoskop dalam berbagai bidang) maupun informasi yang bersifat hiburan yang menonjolkan aspek entertainment seperti lazimnya untuk merayakan pesta pergantian tahun. Yang cukup menarik adalah, bahwasanya suasana pesta pergantian tahun tersebut berlangsung pada saat suasana berkabung nasional sehubungan dengan meninggalnya Mantan Presiden Republik Indonesia Ke-4 KH Abdurrahman Wahid, maka hampir seluruh penyelenggara penyiaran bersikap cukup bijaksana dan patut diapresiasi, karena secara proporsional cukup mampu mengetuk para pendengar dan pemirsanya untuk tidak terlalu berlebihan dalam merayakan acara pergantian tahun dengan alasan karena suasana berkabung nasional. Bahwasanya keinginan warga masyarakat untuk merayakan pergantian tahun tersebut adalah hak azasi mereka, tetapi dengan adanya nuansa perimbangan muatan acara antara untuk menonjolkan entertainment dan suasana berkabung nasional yang dilakukan oleh para penyelenggara penyiaran tersebut mendorong warga masyarakat untuk proporsional dan arif dalam mensikapinya. Sedangkan mengenai esensi isi siarannya bukan kewenangan Departemen Kominfo yang menilainya, tetapi menjadi kewenangan KPI sesuai dengan yang diatur di UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.
- Untuk layanan penyelenggaraan pos, baik yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia maupun sejumlah perusahaan jasa titipan swasta pada umumnya berlangsung dengan lancar pula meski ada sedikit lonjakan kiriman, volume dan jenis surat, kartu pos dan barang yang dikirimkan walaupun lonjakannya tidak sebesar jika dibandingkan dengan pada saat suasana menjelang Lebaran, termasuk yang terakhir pada menjelang Lebaran 1 Syawal 1430 H beberapa bulan lalu.
- Sedangkan khusus untuk layanan telekomunikasi, secara umum seluruh layanan penyelenggaraan telekomunikasi yang dilakukan oleh seluruh penyelenggara telekomunikasi juga berlangsung dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Berdasarkan monitoring dan sekaligus dengan data random yang dikirimkan oleh beberapa penyelenggara telekomunikasi (dalam hal ini layanan XL Axiata dan Indosat yang dijadikan sampling tanpa pretensi apapun, maka data faktualnya adalah sebagai berikut:
Operator | Jenis Layanan | Saat Pergantian ke Tahun 2010 | Keterangan | Perbandingan Pergantian 2008 / 2009 ke 2009 / 2010 |
XL Axiata | Suara | 900 juta call (total menit 620 juta menit) | Naik 19,2% | Naik 6% |
SMS | 380 juta SMS | Naik 19% | Naik 186% | |
Data | 4,6 terabytes | Naik 21% | Naik 475% | |
Indosat | Suara | 287,5 juta menit | Naik 19,7% | Naik 7% |
SMS | 433,4 juta SMS | Naik 43,7% | Naik 60,4% | |
Data | 18,6 terabytes | Naik 1,1% | Naik 123,6% |
Dengan demikian, secara umum dan keseluruhan seluruh penyelenggaraan penyiaran, pos dan telekomunikasi selama berlangsungnya pergantian tahun 2009 ke 2010 telah berlangsung dengan lancar. Dan untuk itu, Departemen Kominfo menyampaikan ucapan terima-kasih dan sangat berharap agar kualitas layanan dapat dipertahankan dan bahkan harus lebih baik lagi. Sungguhpun demikian, seandainya ada warga masyarakat yang merasa kurang atau tidak memperoleh layanan sebagaimana yang diharapkan dan itu tidak terpantau langsung oleh Departemen Kominfo, maka Departemen Kominfo dapat menampung informasi dan laporan yang dimaksud untuk diteruskan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
--------------
Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo (Gatot S. Dewa Broto; HP: 0811898504; Email: gatot_b@postel.go.id; Tel/Fax: 021.3504024).