-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel
- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Siaran Pers
Hasil Pengukuran Kinerja Operasi Penyelenggara Seluler dan FWA
Sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Kominfo nomor: 12/PER/M.KOMINFO/04/2008 tentang Standar Kualitas Pelayanan Jasa Teleponi Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler dan nomor: 13/PER/M.KOMINFO/04/2008 tentang Standar Kualitas Pelayanan Jasa Teleponi Dasar pada Jaringan Tetap Lokal Tanpa Kabel dengan Mobilitas Terbatas (FWA), dimana telah diatur nilai-nilai tolok ukur parameter yang harus dipenuhi oleh semua penyelenggara seluler dan FWA.
Ditjen Postel bersama pihak konsultan indipenden telah melakukan Pengukuran Kinerja Operasi Penyelenggara Seluler dan FWA dengan mengambil sampel pengukuran di 6 (enam) kota besar yaitu: Jakarta, Bandung, Medan, Batam, Surabaya dan Makassar pada bulan Juli - Agustus 2009.
Parameter-parameter yang diukur adalah:
a. Standar Service Level Call Center Layanan Pelanggan
b. Standar Endpoint Service Availability yang meliputi: keberhasilan panggil, drop call dan block call
c. Standar Kinerja Layanan Pesan Singkat
Pengukuran Standar Service Level Call Center Layanan Pelanggan dilakukan dengan melakukan percobaan panggilan ke nomor layanan pelanggan masing-masing operator dan dicatat waktu tunggu yang diperlukan untuk berbicara dengan operator call center kemudian dihitung prosentase panggilan yang dijawab kurang dari 30 detik.Pengukuran Standar Endpoint Service Availability dilakukan dengan melakukan panggilan short call dengan durasi panggilan 60 detik diselingi jeda 10 detik antar panggilan dengan metode static test dan drive test.
Pengukuran Standar Kinerja Layanan Pesan Singkat dilakukan dengan percobaan pengiriman pesan singkat (SMS) ke nomor tujuan yang sama dengan nomor pengirim (loop back) dan dihitung jumlah SMS yang berhasil diterima kurang dari 3 menit.
Tolok Ukur berdasarkan Peraturan Menteri nomor 12/PER/M.KOMINFO/04/2008 dan nomor 13/PER/M.KOMINFO/04/2008 sebagai berikut :
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
FWA dan Seluler | = 75 % | = 5 % | - | = 90 % | = 75 % |
Di bawah ini adalah resume Hasil Pengukuran per operator :
1. PT. Indosat
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
Seluler | 100% | 0.32% | 0.74% | 98.94% | 100% |
FWA | 100% | 0.54% | 0.99% | 98.46% | 100% |
2. PT. Telekomunikasi Seluler
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
Seluler | 93.33% | 0.42% | 0.64% | 98.94% | 98.04% |
3. PT. Excelcomindo Pratama
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
Seluler | 96.67% | 0.54% | 2.85% | 96.60% | 100% |
4. PT. Hutchison CP Telecommunication
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
Seluler | 81.67% | 0.64% | 4.04% | 95.32% | 100% |
5. PT. Natrindo Telepon Seluler
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
Seluler | 100% | 0.50% | 0.81% | 98.69% | 100% |
6. PT. Mobile-8 Telecom
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
Seluler | 100% | 0.61% | 0.19% | 99.20% | 100% |
FWA | 100% | 0.23% | 0.12% | 99.65% | 100% |
7. PT. Smart Telecom
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
Seluler | 100% | 3.37% | 1.25% | 95.38% | 100% |
8. PT. Telekomunikasi Indonesia
Operator Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
FWA | 100% | 0.55% | 1.00% | 98.45% | 100% |
9. PT. Bakrie Telecom
Jenis Penyelenggaraan | Kinerja Call Center | Drop Call | Block Call | Keberhasilan Panggil | Kinerja SMS |
FWA | 100% | 0.54% | 0.38% | 99.07% | 100% |
Secara keseluruhan dari hasil pengukuran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa semua penyelenggara seluler dan FWA yang diukur telah memenuhi standar kualitas pelayanan seperti yang diisyaratkan dalam Peraturan Menteri tentang Standar Kualitas Pelayanan.
----------------------------------------
Sub Bagian Komunikasi