-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel
- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Siaran Pers
Ditjen Postel Menaruh Harapan Adanya Percepatan Perbaikan Sarana Telekomunikasi Akibat Banjir di Jakarta (Jam 19.45 WIB)
Siaran Pers No. 13/DJPT.1/KOMINFO/2/2007
- Sebagaimana diketahui sebagai akibat terjadinya banjir banding yang melanda Jakarta dan sekitarnya sejak tanggal 1 s/d. 2 Pebruari 2007, layanan jasa telekomunikasi di Jakarta dan sekitarnya telah mengalami gangguan yang cukup signifikan. Gangguan ini mulai dari anjloknya jalur layanan internet IM2, lumpuhnya layanan komunikasi data PT Telkom, terputusnya 70.000 satuan sambungan telepon (SST) PT Telkom di kawasan Jalan Gatot Subroto, dan kurang lancarnya komunikasi sejumlah layanan seluler akibat terputusnya aliran listrik pada sejumlah BTS sehingga harus diatasi sementara waktu dengan generator. Sebagai informasi, saluran telefon yang lumpuh ini adalah yang menggunakan prefiks 021.52xxxxx, 021.515xxxx, 021.514xxxx, dan 021.25xxxxx.
- Sehubungan dengan Itu, Ditjen Postel merasa sangat prihatin atas terjadinya musibah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya ini, sebagaimana Ditjen Postel juga selalu menaruh sikap keprihatinan terhadap berbagai musibah dan bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Khusus terhadap musibah banjir banding di Jakarta ini, Ditjen Postel menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya kenyamanan sebagian warga Jakarta dalam menggunakan fasilitas layanan telekomunikasi (baik telefon maupun internet). Ditjen Postel menaruh harapan adanya percepatan perbaikan sarana telekomunikasi ini, karena sejauh yang terpantau dan berdasarkan koordinasi laporan antara Ditjen Postel dan beberapa operator telekomunikasi tertentu, pada kenyataan segala upaya percepatan perbaikan terus dilakukan secara marathon.
- Perbaikan ini sebagian di antaranya sangat tergantung pada cepat atau lambatnya surut air banjir yang menggenang di beberapa sentra telekomunikasi tertentu. Sehingga Ditjen Postel cukup memaklumi keterbatasan perbaikan ini, meskipun tetap sangat berharap adanya percepatan perbaikan seoptimal mungkin meskipun diakui sepenuhnya bahwa akibat tergenangnya STO Semanggi memerlukan waktu perbaikan yang cukup lama untuk evakuasi peralatan, pengeringan dan perbaikan primer lainnya, sebagaimana yang telah dilakukan oleh beberapa operator telekomunikasi dalam bergerak cepat mengatasi persoalan lumpuhnya telekomunikasi akibat musibah tsunami di Aceh dan Nias, gempa bumi di Yogyakarta dan sekitarnya serta berbagai musibah lainnya dan bahkan akibat gempa bumi di Taiwan sekalipun belum lama ini. Oleh karenanya, dalam kondisi force major ini, Ditjen Postel selalu berkoordinasi dan bekerja-sama dengan para operator telekomunikasi, sehingga tidak ingin menyalahkan operator telekomunikasi manapun karena kondisinya memang serba sangat darurat.
Kepala Bagian Umum dan Humas,
Gatot S. Dewa Broto
HP: 0811898504
Email: gatot_b@postel.go.id