-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel

- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Seputar DJID
Ditjen Infrastruktur Digital Raih 2 Gold Award di Ajang Kompetisi “The Best Contact Center Indonesia 2025”
Jakarta (SDPPI) - Direktorat Layanan Infrastruktur Digital sebagai pengelola Contact Center 159 Pelayanan Publik Ditjen Infrastruktur Digital – Kementerian Komunikasi dan Digital berprestasi meraih 2 Penghargaan lomba ‘The Best Contact Center Public Services (Gold) dan ‘The Best Digital Innovation (Gold) dalam Acara Awards Ceremony of the Best Contact Center Indonesia 2025, yang dilaksanakan pada hari Kamis (25/09/2025) bertempat di Balai Sarbini Jakarta.
The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) adalah suatu ajang penghargaan Contact Center tingkat nasional di Indonesia, yang mendapatkan pengakuan secara internasional oleh Contact Center Association of Asia Pacific (CC-APAC).
"Dengan penuh rasa syukur, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Tim Direktorat Layanan Infrastruktur Digital. Raihan 2 Gold Award pada The Best Contact Center Indonesia 2025 dengan total 3 Gold dan 2 Silver semenjak keikutsertaan Kami dari tahun 2023 ini adalah buah kerja keras, semangat kolaborasi, dan dedikasi tanpa henti. Prestasi ini bukan hanya milik kita, tetapi juga wujud komitmen menghadirkan pelayanan publik digital yang terbaik untuk masyarakat. Mari terus melangkah dengan energi positif dan semangat inovasi!" ucap Direktur Layanan Infrastruktur Digital Dwi Handoko.
Melanjutkan kalimatnya Ia mengungkapkan bahwa prestasi ini merupakan hasil yang menggembirakan sekaligus menjadi pemantik semangat kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di garda terdepan untuk mengharumkan nama Kementerian Komdigi.
Dwi Handoko berharap ajang ini dapat diikuti secara rutin oleh Direktorat Layanan Infrastruktur Digital untuk meraih prestasi yang lebih tinggi serta dapat menjadi kesempatan untuk menimba wawasan, pengalaman dan pengetahuan bagi petugas pelayanan publik Ditjen Infrastruktur Digital. “ini semua untuk memberikan pelayanan prima yang berkualitas dan berintegritas bagi pengguna layanan dan masyarakat” sambungnya.
Sebagai informasi, TBCCI merupakan rangkaian lomba tahunan yang dilaksanakan khusus untuk anggota Indonesian Contact Center Association (ICCA). TBCCI 2025 menjadi pelaksanaan lomba ke-19. Kategori lomba yang diselenggarakan secara umum dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu, Program Korporat, Individual, dan Teamwork. Perusahaan atau Lembaga Negara yang berhak mengikuti lomba merupakan entitas yang terdaftar sebagai anggota aktif ICCA. Pada keikutsertaannya yang ketiga kali di tahun ini, Direktorat Layanan Infrastruktur Digital mengikuti kategori lomba Korporat.
Kategori korporat adalah pembagian jenis lomba berdasarkan program kerja operasional pelayanan dan pengembangan termasuk inovasi digitalisasi contact center. Pada kategori lomba tersebut, Direktorat Layanan Infrastruktur Digital bersaing dengan sejumlah entitas layanan publik ternama baik dari kalangan Perbankan, Finance, e-Commerce, Kesehatan, BUMN maupun Kementerian dan Instansi Pemerintah.
Pada lomba The Best Contact Center Public Services yang diselenggarakan tanggal 9 - 10 September 2025 Tim Direktorat Layanan Infrastruktur Digital mempresentasikan inovasi ‘Peningkatan Kualitas Pelayanan melalui Sistem Integrasi Konsultasi dan Pengaduan UPT serta Pemanfaatan Knowledge Base Berbasis AI’, sementara pada lomba ‘The Best Digital Innovation’, Tim membawakan ‘Inovasi Digitalisasi Layanan Pengambilan Sertifikat REOR di 8 Wilayah UPT DJID dengan Booking Online via QR Code’. Penjurian dilakukan melalui presentasi dan sesi tanya Jawab Tim di depan Dewan Juri Internasional yang merupakan gabungan Akademisi, Government Representative serta Praktisi Industri Contact Center di region Asia Pasifik.
Sumber/ Foto: Direktorat Layanan Infrastruktur Digital.