-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel
- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Siaran Pers
Back Up Layanan Telekomunikasi dan Penyiaran Dalam Penanganan Musibah Banjir di Jakarta dan Sekitarnya
Siaran Pers No. 6/PIH/KOMINFO/1/2013
(Jakarta, 17 Januari 2013). Terkait dengan terjadinya musibah banjir besar yang melanda cukup banyak lokasi di Jakarta dan sekitarnya, sejumlah langkah telah dilakukan oleh Kementerian Kominfo untuk harus dilaksanakan oleh seluruh mitra kerjanya:
- Mengingat curah hujan cukup tinggi sejak malam dini hari, sejak tanggal 17 Januari 2013 pagi sekitar jam 06.00 WIB Kementerian Kominfo telah mengingatkan kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir dan meminta mereka untuk melakukan antisipasi seandainya sejumlah sentra infrastruktur layanan telekomunikasi yang lokasinya berada di tempat yang lebih rendah dari ketinggian tanah yang berada di sekitarnya.
- Hal lain yang juga perlu diantisipasi adalah seandainya terjadi kemungkinan pemadaman listrik di sejumlah daerah ataupun terputusnya suplai listrik di sejumlah sentra layanan telekomunikasi, maka kepada mereka para penyelenggara telekomunikasi juga diminta untuk menyiapkan alternative back up dengan tujuan agar seandainya terputus suplai energinya dapat segera diantisipasi dalam hitungan waktu sesingkat mungkin. Musibah banjir yang sering terjadi di berbagai tempat harusnya menjadi pelajaran berharga untuk antisipasi.
- Karena cukup tingginya penggunaan media sosial dan komunikasi antar wartawan, warga masyarakat dan korban banjir, maka kualitas layanan telekomunikasi harus tetap terjaga dengan baik. Kepanikan publik tidak boleh diperburuk oleh kemungkinan buruknya kualitas layanan telekomunikasi.
- Pada sekitar jam 07.40 WIB Kementerian Kominfo juga telah mem-broadcast via BBM yang intinya mengingatkan masyarakat terhadap sejumlah isu yang hanya berpotensi sebagai HOAX, termasuk ketika ada isu adanya perintah cuti bersama di DKI. Isu itu telah dibantak oleh Kementerian Kominfo setelah memperoleh informasi yang sangat valid dari Pejabat Pemda DKI. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat untuk memperoleh informasi pada pihak-pihak yang berwenang langsung.
- Kepada para penyelenggara penyiaran (baik televisi maupun radio) juga dihimbau untuk secara terus menerus menyampaikan informasi terkini tentang lokasi-lokasi banjir dan persoalan yang dihadapi warga setempat.
- Khusus mengenai bantuan sosial, baik penyelenggara telekomunikasi maupun penyiaran dihimbau untuk melakukan aktivitas peduli sosial sebagai bagian dari CSR-nya.
Faktanya, berdasarkan monitoring Kementerian Kominfo baik yang dilaporkan oleh para penyelenggara telekomunikasi, penyelenggara penyiaran, sejumlah warga masyarakat dan sejumlah pegawai Kementerian Kominfo yang berada di sejumlah titik lokasi, maka dilaporkan sebagai berikut:
- Pada sekitar jam 11.35 Menteri Kominfo Tifatul Sembiring telah meninjau langsung kondisi banjir di sekitar Bunderan HI Jakarta dan mengingatkan kepada mitra kerja Kementerian Kominfo untuk tetap melakukan layanannya dan mengadakan aktivitas CSR.
- Sejauh ini kondisi kualitas layanan telekomunikasi masih dalam batas yang normal. Belum ada laporan kerusakan dan buruknya jaringan yang berarti. Bahwasanya ada sejumlah titik yang sempat terganggu memang benar, tetapi sesuai prosedur tetapnya dapat segera diatasi dengan cepat sehingga tidak mengganggu komunikasi antar warga.
- Liputan dari sejumlah stasiun televisi dan radio juga cukup intensif dan bahkan beberapa di antaranya secara kontinyu menyiarkan breaking news .
- Mitra kerja Kementerian Kominfo ini beberapa di antaranya sudah melakukan aksi peduli sosial berupa penyediaan telepon gratis, tenda, bahan makanan, perlengkapan kesehatan, genset untuk charger perangkat telekomunikasi.
Oleh karena musibah ini tidak hanya terjadi di Jakarta dan sekitarnya saja yang terus harus diwaspadai, maka kepada seluruh mitra kerja Kementerian Kominfo tersebut juga diharapkan melakukan sejumlah langkah antisipasi serupa terhadap sejumlah musibah lain yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.
-----
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504, Email: gatot_b@postel.go.id , Tel/Fax: 021.3504024).
Sumber ilustrasi: http://us.images.detik.com/content/2013/01/17/328/100204banjir.jpg.